Home
 
Pria Suriah Ini Diamankan Turki
Siapkan Serangan Balasan Christchuch, Pria Suriah Ini Diamankan Turki

Kamis, 25/04/2019 - 06:53:36 WIB

Politikriau.com Pihak berwenang Turki menangkap seorang tersangka anggota kelompok militan ISIS yang mereka yakini berencana untuk melakukan serangan pada peringatan Perang Dunia Pertama di Gallipoli.


Tersangka adalah seorang warga negara Suriah. Dia ditangkap setelah operasi polisi di Osmaniye.

Polisi Turki menuduh tersangka, yang disebutkan dalam lembar tuduhan sebagai Abdul Karim Helif yang berusia 25 tahun, merencanakan serangan itu sebagai pembalasan atas penembakan massal pada bulan Maret di masjid-masjid di Christchurch, Selandia Baru.

Dikabarkan Al Jazeera, polisi menilai ancaman itu serius tetapi tidak memberikan perincian tentang sifat serangan yang direncanakan.

Peringatan Perang Dunia Pertama di Gallipoli sendiri kerap dihadiri oleh warga Australia dan Selandia Baru. Mereka melakukan perjalanan ke Turki setiap tahun untuk upacara peringatan memperingati kampanye militer 1915 yang gagal oleh Anzac atau Korps Angkatan Darat Australia dan Selandia Baru, dan pasukan sekutu untuk mengusir pasukan Ottoman dari Gallipoli dan wilayah Dardanelles.

Tentara dari Selandia Baru, Australia, Turki dan negara-negara lain mengadakan layanan di semenanjung pada hari Rabu kemarin (24/4). Kemudian Kamis dini hari (25/4) warga Australia dan Selandia Baru mengadakan layanan fajar khusus untuk menandai pendaratan.


Home
Redaksi & Disclaimer
jewelry lace wigs Copyright 2018