Home
 
Plt Asisten II Prov Riau Hadiri Pelantikan Pengurus IAI Riau
CHOIRUS RESMI JADI KETUA IAI PROVINSI RIAU

Sabtu, 25/01/2020 - 14:20:21 WIB

Politikriau.com PEKANBARU Berdasarkan hasil MUSDA KE 5 pada tanggal 26 Oktober 2019 , Choirus Subechan terpilih sebagai ketua IAI Riau. Dan surat pengurus nasional  no 084/ KPS/ 2019 ,Kepengurusan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Provinsi Riau periode 2019 - 2022 resmi dilantik oleh Ketua Koordinator Wilayah Sumatera Denny Iwan Setiawan, yang mewakili Ketua Umum IAI pusat bertempat di salah satu hotel di Pekanbaru ,25/01/2019.



Adapun formatur kepengurusan IAI Riau yang dilantik sebagai Ketua Choirus Subechan, Wakil Ketua I Dwi Agus Sumarno, Wakil Ketua II Syafril rifa'i,  Wakil Ketua III Yogananda, Wakil Ketua IV Matra Anugraha, Wakil Ketua V Doddy Anwar sedangkan Sekretaris sam'ani Huda, dan Bendahara Enercy Ichas, dan ada beberapa bidang pendidikan, bidang keprofesian, bidang pengabdian profesi jadi jumlah pengurus yang dilantik  sebanyak 30 orang.

Pelantikan kepengurusan ini dihadiri oleh Gubri yang diwakili oleh Plt Asisten II Prov Riau Elly Wardhani.  SH, MH. LPJK Riau yang diwakili oleh wakil ketua I Alfiandri dan Kemeterian PUPR serta anggota IAI.


Dalam kata sambutan Gubernur Riau yang dibacakan oleh Plt Asisten II, momentum pelantikan kepengurusan IAI Prov Riau merupakan sarana yang srategis bagi jajaran IAI prov Riau dalam meningkatkan perannya di Provinsi Riau. IAI penting para sarjana arsitek Indonesia yang mewujudkan hasil dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni secara utuh dan mengubah ruang dan lingkungan binaan sebagai bagian kebudayaan dan peradaban manusia yang memenuhi kaidah fungsi, kaidah konstruksi, kaidah estetika, serta mencakup faktor keselamatan,  keamanan dan kenyaman dan kemudahan. Juga disampaikan, dalam setiap rancangan dan perncanaan yang modern harus mengikut sertakan konsep budaya melayu.  Sesuai dengan undang-undang arsitektur  agar IAI Prov Riau menertibkan bagi segenap pelaku didunia perancang perencanaan konstruksi bangunan melalui penertiban lisensi perencanaan arsitektur, sehingga pemerintah akan sangat mudah memberikan program dan kegiatan yang selaras dengan tujuan visi dan misi  Prov Riau.  Lisensi yang diterbitkan oleh pemerintah Riau ini sudah melalui proses seleksi yang seharusnya diatur dalam organisasi IAI ini,  sehingga setiap anggota yang melanggar akan dikenakan sanksi. 

Menurut  Choirus selaku ketua IAI prov Riau yang baru dilantik akan segera mengusulkan kepada pemerintah Provinsi Riau untuk membuat lisensi praktek perencanaan, yang gunanya agar setiap arsitek dapat bekerja aman dan nyaman dan terlindungi oleh aturan hukum. Dimana dalam aturan hukum ini kadang-kadang merugikan arsitek atau klien / konsumen yang dirugikan oleh arsitek.  Jadi arsitek yang terlisensi yang sudah punya kode etik etik , sudah punya pendidikan strata I dan pendidikan I sampai VI. ***(ps)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2018