Home
 
Resmikan Terminal Bandara Silangit, Presiden Jokowi Berbahasa Batak

Jumat, 24/11/2017 - 14:37:38 WIB

MEDAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyelipkan bahasa Batak saat meresmikan pengoperasian Terminal Bandara Internasional Silangit, Kecamatan Siborong-Borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017) pagi.

Adapun saat Jokowi menyampaikan sambutan dalam bahasa Batak disambut tepuk tangan meriah oleh para tamu undangan yang hadir dalam kesempatan ini.

"Buka ma pintu buka ma tangan si nungga rade labuhan di hita Internasional (Siapkan diri untuk berubah karena sudah tersedia lapangan terbang Internasional)," kata Jokowi.

Kepala Negara bahkan sempat menyampaikan pernyataan puitis dalam bahasa Batak dalam sambutannya.

"Pidong nahabang pasarma baritaon tu kuat portibi on (Hai burung yang terbang, sampaikan kabar ini ke seluruh dunia)," ujarnya.

Ia pun mendoakan keselamatan warga setempat pasca berdirinya terminal internasional di Bandara Silangit.

"Horas, tondi ma dingin pir tondi ma togu mauliate (Selamatlah jiwa dan raga atas kehadiran semuanya). Dengan mengucap Bismilah saya nyatakan bandara internasional silangit resmi dibuka," tandasnya.

Setelah itu, Presiden RI menyampaikan arahan khususnya untuk Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk memperpanjang runway bandara.

"Dari 2.650 menjadi 3.000 meter agar pesawat wide body yang paling besar bisa masuk ke silangit. Paling lambat 2020, paling lambat. Jadi, bisa maju 2018 2019 dan terminalnya dari 3.000 meter persegi menjadi 10 ribu meter persegi," katanya.

Usai mengakhiri sambutannya, Jokowi memukul gondang sebagai tanda peresmian terminal internasional bandara yang menghubunhkan lokasi wisata Danau Toba ini. (ilc)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk