Home
 
Pemerintah akan Libatkan Kecamatan Awasi Dana Desa

Kamis, 23/11/2017 - 06:45:22 WIB

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta Menkeu Sri Mulyani untuk merubah aturan pengelolaan dana desa.

Adapun perubahan tersebut, pengelolaan dana desa yang sebelumnya dilakukan pihak ketiga menjadi dikelola oleh warga desa masing-masing (swakelola).

"Jadi, nanti dikerjakan oleh warga. Makanya, Menkeu sedang ditugaskan Presiden untuk membuat perubahan dari pengerjaan oleh pihak ketiga. Artinya, dilakukan tender ke swakelola lalu menggunkan tenaga kerja yang ada di desa itu," ujar Teten di kantornya, Jakarta, Rabu (22/11/2017).


Untuk itu, lanjutnya, pertanggungjawaban anggarannya secara otomatis berubah. Dengan demikian, ia mengatakan perlu ada Satgas Desa untuk memastikan sistem swakelola berjalan baik.

"Sistem pertanggungjawaban kan, harus berubah. Dikarenakan rawan poenyimpangan kalau dikerjakan secara swakelola, maka pertemuan kemarin itu membahas pentingnya transparasi dan satgasnya melakukan pemantauan," katanya.

Lebih jauh, politikus PDIP mengatakan bahwa pemerintah akan melibatkan pihak kecamatan untuk ikut serta mengawasi penyaluran dan penggunaan dana desa.

"Penting juga kecamatan dilibatkan. Selama ini kan, hanya desa dan kabupaten, kecamatan tidak berfungsi untuk ikut mengawasi pelaksanaan dana desa," ujarnya. (ilc)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk