Home
 
Berkas Novanto Dilimpahkan Sebelum Praperadilan

Rabu, 22/11/2017 - 18:10:14 WIB

JAKARTA - Anggota Forum Advokat Pengawal Konstitusi (FAKSI), Saor Siagian menduga KPK akan segera melimpahkan berkas perkara dugaan korupsi e-KTP yang melibatkan tersangka Setya Novanto sebelum digelarnya sidang praperadilan di PN Jakarta Selatan.

"Bisa juga sebelum praperadilan disidangkan KPK sudah menyerahkan berkasnya ke pengadilan," katanya kepada INILAHCOM, Selasa (21/11/2017).

Dengan demikian, kata Saor, kalau memang penyidik KPK dapat merampungkan berkas perkara dugaan korupsi proyek e-KTP yang melibatkan Ketua DPR RI itu maka praperadilan yang diajukan Novanto gugur dengan sendirinya.

"Ya dengan sendirinya praperadilan yang kedua gugur dengan sendirinya," ujarnya.

Menurut dia, KPK pasti akan bekerja cepat untuk menyelesaikan pemberkasan perkara yang menjerat Ketua Umum Partai Golkar itu. "Kan sebelumnya mereka sudah punya jeda waktu," jelas dia.

Pengajuan praperadilan Setya Novanto sudah terdaftar di situs resmi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor registrasi 133/Pid.Pra/2017/PN JKT.SEL. Surat berisi informasi sidang akan dikirim esok hari ke pihak Setnov dan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Novanto kembali ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK untuk kedua kalinya. Pada penetapan tersangka pertama, ia juga mengajukan praperadilan dan memenangkannya.

KPK menerbitkan surat perintah penyidikan Novanto pada 31 Oktober 2017. Novanto selaku anggota DPR disangka bersama-sama dengan Anang Sugiana Sudihardjo, Andi Agustinus, Irman dan Sugiharto menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau korporasi terkait proyek pengadaan e-KTP.

KPK menjerat Novanto dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (ilc)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk