Home
 
Ini Pentingnya Pemberian Marga Siregar pada Kahiyang Ayu

Selasa, 21/11/2017 - 18:03:36 WIB

JAKARTA - Kahiyang Ayu sudah sah menyandang marga barunya, Siregar. Kini, nama Istri Bobby Nasution itu bertambah satu kata menjadi Kahiyang Ayu Siregar. 

Pemberian marga Siregar itu dilangsungkan hari ini, Selasa (21/11/2017), di kediaman paman Bobby, Doli Sinomba Siregar di Jalan STM, Medan. Selain keluarga, acara tersebut juga dihadiri para pengetua adat dan raja-raja Mandailing, terutama dari marga Nasution dan Siregar.

Sebenarnya apa pentingnya penyematan marga bagi Kahiyang? Ini alasannya.

1. Pernikahan beda suku

Dalam adat Mandailing, seorang pria yang menikahi wanita di luar suku harus disematkan marga ibu kandung si pria. Acara ini disebut mangalehan marga. Marga Siregar sendiri merupakan marga dari ibu Bobby, Ade Hanifah Siregar.

Hal itu dibenarkan oleh paman Bobby Nasution, Erwan Nasution. Menurutnya, Kahiyang perlu diberi gelar marga Siregar karena pernikahan Kahiyang-Bobby adalah perkawinan antaretnis. Menurutnya, jika Kahiyang tak diberi marga, maka acara adat tak bisa dilaksanakan. 

Pasalnya, Kahiyang adalah putri Solo yang diketahui tidak punya marga. Jika wanita belum memiliki marga, maka acara pemberian marga pada mempelai wanita harus dilakukan. Ini adalah acara penting.

2. Memperjelas kedudukan Kahiyang

Pemberian marga pada juga perlu dilakukan untuk memperjelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat. Pasalnya, Bobby dibesarkan secara adat Tapanuli selatan, sedangkan Kahiyang bersuku di luar itu. Karena itulah, pihak keluarga Bobby bertanggung jawab demi kesuksesan pesta adat.

3. Memperjelas keturunan

Alasan lainnya, marga perlu diberikan pada Kahiyang dengan tujuan untuk memperjelas keturunan, pernikahan antaretnis, pengabdian dan penghormatan. (rid)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk