Home
 
Penderita Diabetes Disarankan Konsumsi Makanan Ini

Jumat, 17/11/2017 - 13:48:46 WIB

NUTRISI berperan penting dalam menjaga gaya hidup sehat. Karena itu, untuk menjaga tingkat gula darah Anda terkendali, sebaiknya Anda memperhatikan nutrisi Anda, makanan jenis apa yang Anda makan, jumlah dan waktunya perlu dievaluasi terus menerus untuk menjaga tingat glukosa darah dalam kisaran yang diinginkan.

"Setelah rencana makan sehat, tidak hanya bisa mengendalikan kadar gula darah, tapi juga bisa membantu mengatur berat badan dan mengendalikan faktor risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi," ujar ahli nutrisi selebriti dan ahli diet, Nmami Agarwal, dilansir dari laman Deccan Chronicle, Kamis (16/11/2017).

Sambil mengonsumsi makanan dengan kelebihan kalori dan lemak, tubuh merespon secara negatif dan membuat kadar glukosa darah naik. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius seperti hiperglikemia dan komplikasi jangka panjang lainnya seperti kerusakan saraf, ginjal dan jantung.

Ada dua tipe utama diabetes: tipe 1 dan tipe 2. Kedua jenis ini adalah penyakit kronis yang menghambat regulasi gula darah atau glukosa dalam tubuh. Sementara glukosa menjaga fungsi sel tubuh, insulin memungkinkan tubuh menyimpan dan menggunakan glukosa dari aliran darah.

Semua jenis diabetes menyebabkan kadar glukosa darah lebih tinggi dari biasanya, tapi mereka melakukan ini dengan cara yang berbeda. Sementara diabetes tipe 1 merugikan produksi insulin karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel penghasil insulin dari pankreas, pada diabetes tipe 2, sel tidak dapat menggunakan glukosa secara efisien untuk produksi energi.

Hal ini terjadi ketika gula darah menjadi terlalu tinggi dan sel menjadi tidak sensitif terhadap insulin.

Cara terbaik untuk menjaga agar diabetes terkendali adalah mengikuti rencana diet yang merupakan kombinasi sempurna antara makanan bergizi termasuk karbohidrat kompleks yang kaya serat, sumber protein tanpa lemak, biji-bijian, lemak sehat, susu, buah segar dan sayuran.

Diberikan di bawah ini adalah makanan wajib yang mungkin ingin Anda beli di toko bahan pangan atau makan di restoran sambil mengikuti rencana diet diabetes:

- Sayuran: Pilih dari sayuran non-tepung seperti brokoli, sayuran berdaun hijau, tomat dan paprika. Pati yang ideal untuk penderita diabetes adalah kentang, jagung dan kacang polong.

- Buah: Konsumsilah apel, pisang, jeruk dan buah beri dalam jumlah banyak.

- Sereal: Jelai, gandum, beras, quinoa dan oatmeal adalah sereal ramah diabetes dan bisa dimakan sebagai bagian dari makanan biasa.

- Protein: Ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, kacang polong, tahu dan kacang merupakan sumber protein yang kaya.

- Susu: Produk susu harus terdiri dari susu rendah lemak, yogurt dan keju.

- Kacang-kacangan dan minyak: Sertakan lemak sehat jantung seperti kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat dan minyak seperti canola, minyak zaitun, mustard, kelapa, dedak padi dalam rencana diet Anda.

Mengubah gaya hidup Anda harus menjadi langkah awal menuju diabetes. Pertimbangkan tip berikut untuk mengambil kendali:

- Jangan lewatkan sarapan. Memiliki sarapan yang sehat akan membantu menjaga kadar glukosa darah tetap sepanjang hari.

- Tambahkan makanan berwarna ke piring setiap hari. Ini akan membantu tubuh Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk mempertahankan fungsinya dengan baik.

- Jika Anda menderita diabetes, kurangi minuman soda dan minuman manis lainnya, karena ini mengandung kalori tinggi.

- Menjaga berat badan 10 persen lebih rendah dari berat badan ideal.

- Jika Anda terlibat dalam aktivitas fisik, tingkatkan asupan kalori sesuai kebutuhan tubuh.

- Jika Anda mengikuti rencana diet, pastikan makanan Anda memberi 60 persen kalori Anda dari karbohidrat, 15-20 persen dari protein dan 15-20 persen dari lemak.

- Batasi gula sederhana yang diperoleh dari wortel, ubi jalar, dan lain-lain karena mudah diserap dan memiliki indeks glikemik tinggi.

- Makan cemilan menghindari hipoglikemia.

- Hindari puasa. Mereka yang cepat atau melewatkan makan bisa menimbulkan masalah bagi diri mereka sendiri karena kadar glukosa darah turun terlalu rendah.

- Memasukkan lemak berkualitas baik seperti alpukat dan kacang-kacangan dalam makanan Anda. (nnc)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk