Home
 
Agar Tidak Menghilang, Neta: Setya Novanto Sebaiknya Diborgol

Jumat, 17/11/2017 - 13:14:55 WIB

JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengimbau, Polri dan KPK untuk datang langsung menahan Setya Novanto di Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta. 

Selain itu, kata Neta, Kepolisian bisa mengambil alih sistem keamanan di Rumah Sakit tersebut untuk menghindari adanya upaya intervensi pihak luar.

"Polri dan KPK segera mendatangi Novanto ke rumah sakit dan menyerahkan surat penahanan serta mengambil alih sistem pengamanannya untuk mengawasi tersangka yang sedang dirawat di rumah sakit tersebut," katanya dalam siaran pers yang diterima, Jumat (17/11/2017).

Neta menilai, Kepolisian bisa langsung memborgol Novanto di rumah sakit. Menurutnya hal itu diperlukan guna menghindari upaya Novanto yang ingin kabur lagi dari jeratan hukum KPK.

"Agar tidak kembali menghilang, Novanto sebaiknya diborgol sama seperti tahanan lain yang sedang dirawat di rumah sakit," tegasnya.

Menurut Neta, mengingat status Novanto sebagai tersangka, maka KPK bisa memindahkan Ketua DPR yang juga Ketua Umum Partai Golkar itu dari rumah sakit tempat dia dirawat sekarang ke RSPAD atau RS Soekamto Polri Kramat Jati, Jakarta.

Jika keluarganya tetap menginginkan dirawat di rumah sakit semula, KPK dikatakannya, harus menggunakan dokter independen agar menghindari upaya intervensi.

Tak hanya itu saja, Kepolisian diimbaunya juga perlu melakukan pemeriksaan kepada pengendara mobil yang ditumpangi Novanto. Ini mengingat adanya sejumlah kejanggalan dari kecelakaan tersebut.

"Agar bisa dilakukan proses hukum, apakah kecelakaan itu akibat kelalaian pengemudi hingga membuat orang lain terluka atau ada upaya penipuan (rekayasa) untuk mempersulit proses penyidikan dalam kasus korupsi e-KTP," tutupnya.

Diketahui sebelumnya, Setya Novanto mengalami kecelakaan tunggal di daerah Kebayoran, Jakarta Selatan. Dari video yang beredar, mobil yang ditumpangi Setya Novanto berjenis Toyota Fortuner warna hitam berplat nomor B 1732 ZLO menabrak sebuah tiang listrik.

Akibat dari kejadian itu, Novanto pun dikabarkan pingsan dan dilarikan ke RS Medika Permata Hijau, Jakarta untuk menjalani perawatan intensif. (rid)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk