Home
 
Tuntut Pengaspalan Jalan, Warga Kampar Kiri Bertahan di Kantor Dinas PU Riau

Rabu, 11/10/2017 - 22:20:13 WIB

PEKANBARU - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Rantau Setingkai dan Sekitarnya (HIPEMARS) bersama kepala desa dan warga Kampar Kiri bertahan di kantor Dinas PU Bina Marga Provinsi Riau di Jalan SM Amin, Rabu (11/10).

Mereka dating menuntut janji Pemprov Riau untuk melakukan pengaspalan jalan penghubung desa Lipat Kain-Lubuk Agung IV Koto Setingkai hingga perbatasan Sumbar. Padahal ini adalah jalan alternatif yang mempermudah warga setempat untuk keluar dan masuk ke daerah tersebut.

Ketua Dewan Pembina HIPEMARS, Amirullah Syahrudin mengatakan, mereka datang ke Dinas PU Bina Marga Riau, untuk mendapatkan kepastian. Karena hingga saat ini ternyata anggaran pengaspalan jalan tak pernah dimasukkan ke APBD oleh Pemprov Riau.

"Ya awalnya kami sudah hearing dengan DPRD Riau seminggu sebelum pengesahan APBD (2017), semua sudah disepakati. Tetapi kemudian hilang di buku lintang, ini yang kami pertanyakan," kata Amiruddin.

Menurut Amir, jalan sepanjang 28 kilometer dari Lipat Kain hingga Lubuk Agung ini merupakan jalur penghubung masyarakat lima desa yakni, Desa Sungai Rambai, Desa Sungai Sarik, Desa Sungai Harapan, Desa Muaraselaya dan Desa IV Koto Setingkai.

"Kami merasa terasing di negeri sendiri karena jalan ini belum pernah tersentuh pembangunan sejak Indonesia merdeka," ulas dia.

Sulitnya akses jalan juga menghambat perekonomian masyarakat setempat, karena tidak bisa mengeluarkan hasil panen dengan mudah. Biaya angkut panen perkebunan pun menjadi mahal untuk sampai ke pasar.

Para mahasiswa bersama sejumlah kepala desa seperti Sulaiman (Lubuk Agung), Madi (Sungai Rambai), Marwi (Muaraselaya), Nasrul (Sungai Sarik) dan Jamaris (Sungai Raja) masih tetap bertahan hingga malam ini di Kantor Dinas PU Bina Marga. Mereka belum tahu sampai kapan bertahan, hingga dapat penjelasan dari pihak terkait. (rul)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk