Home
 
Ini Dia 6 Tokoh Negeri Seribu Parit Layak Maju di Pemilihan Bupati Indragiri Hilir 2018

Rabu, 11/10/2017 - 20:19:31 WIB

PEKANBARU - Pemilihan Bupati (Pilbup) Indragiri Hilir (Inhil) periode 2018-2023 tinggal hitungan bulan. Sederetan nama bakal calon bupati pun disebut-sebut akan ikut meramaikan pesta demokrasi di kabupaten berjulukan "Negeri Seribu Parit" itu.

Para putra terbaik Inhil yang siap maju ini juga cukup di kenal oleh berbagai kalangan masyarakat setempat. Baik itu dari unsur birokrat, politikus, pengusaha hingga tokoh mudanya.

Dengan tujuan yang sama, yakni membangun negeri serta masyarakat Inhil menjadi lebih baik, diyakini akan membuat pesta demokrasi di Negeri Seribu Parit itu nantinya berjalan meriah, lancar dan aman.

Berdasarkan dinamika politik yang kini tengah berkembang di Inhil, tercatat ada enam tokoh yang dinilai layak untuk memimpin Kabupaten Indragiri Hilir pada periode lima tahun ke depan.

Ini Dia 6 Tokoh Negeri Seribu Parit Layak Maju di Pemilihan Bupati Indragiri Hilir 2018:

1. Dani M Nursalam (Ketua DPRD Inhil)

Siapa yang tak kenal sosok putra terbaik Inhil satu ini. Berkat usaha didukung doa serta strategi berpolitik, pertama kali maju sebagai anggota legislatif, Dani mendapatkan suara cukup signifikan untuk mengantarkannya duduk sebagai anggota DPRD Inhil hasil Pileg 2004 lampau.

Saat itu, PKB mendapatkan tiga kursi dan bergabung dengan partai lainnya membentuk satu fraksi gabungan dan diberi nama Fraksi Gemilang Bersatu, dan ia dipercaya sebagai Ketua Fraksi.

Kemudian Dani diberikan amanah menakhodai DPC PKB Inhil pada Muscab ke-3 pada tahun 2005. Sejak saat itu, ia menggencarkan koordinasi dan konsolidasi sampai ke tingkat bawah serta membina basis kader dan konstituen, sehingga kursi legislatif yang diperoleh PKB pun bertambah menjadi 6 kursi pada Pileg tahun 2009 lalu, dan ia duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Inhil.

Pada Muscab ke-4 tahun 2010, jabatan Ketua DPC PKB Inhil secara aklamasi tetap dipercayakan kepada Dani. Ia pun berkomitmen membesarkan partai nahdliyin ini, hingga sangat diperhitungkan dan mewarnai di kancah perpolitikan Kabupaten Indragiri Hilir, bahkan Provinsi Riau.

Puncaknya, pada Pileg 2014, Dani masih dipercaya konstituen dan meraih dukungan suara sangat signifikan yakni lebih dari 6000 suara.

Bahkan, PKB mampu mengantarkan 8 kadernya duduk di gedung parlemen di Jalan Soebrantas, Tembilahan. Untuk itu, posisi Ketua DPRD Kabupaten Inhil menjadi milik PKB, sebagai peraih suara terbanyak. Muscab PKB ke-5 tahun 2015, Dani terpilih kembali untuk ke-3 kalinya sebagai Ketua DPC PKB.

Dalam bursa Pilbup Inhil 2018 ini, dukungan dari berbagai elemen masyarakat cukup deras meminta Dani M Nursalam maju sebagai calon bupati.

2. HM Wardan (Bupati Inhil)

Sebagai petahana, HM Wardan dipastikan akan kembali maju di Pilbup Inhil 2018 mendatang. Pada era kepemimpinannya saat ini, Wardan memfokuskan pada pembangunan kawasan pedesaan lewat program unggulannya Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ). Disamping itu, Wardan juga dikenal sebagai sosok yang lembut dan agamis.

3. Rosman Malomo (Wakil Bupati Inhil)

Adem dalam pergerakan, tenang berbicara politik, dia adalah Rosman Malomo. Tokoh satu ini juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Inhil. Kursi wakil bupati Inhil pun kali kedua ini didudukinya. Sepak terjang politiknya memang tak terlalu menonjol, namun Rosman selalu mendapatkan posisi strategis di setiap Pilkada Inhil.

Kesan yang ditampilkan Rosman, pelan tapi pasti. Jika dikaji dari pengalamannya maka tak perlu diragukan bagi seorang Rosman untuk memimpin Inhil ke depan.

4. Syamsudin Uti (Pengusaha)

Berbicara pria yang satu ini boleh dibilang tak mengenal lelah, tak kenal sakit dan tak pula mau berputus asa. Pasalnya, seperti diketahui, sudah dua kali Syamsudin Uti mengikuti pesta demokrasi Kabupaten Inhil namun tak membuat dirinya putus asa. Kini, pengusaha minyak itu disebut-sebut akan maju di Pilbup Inhil 2018 berpasangan dengan HM Wardan.

Selain seorang pengusaha, Syamsudin Uti kini menjabat sebagai Ketua KONI dan Ketua Partai Demokrat Inhil.

5. Agus Salim (Ketua PPP Inhil)

Tokoh Negeri Seribu Parit ini sudah dikenal cukup matang pula dalam dunia politik. Agus Salim, bukanlah pendatang baru dalam gelaran Pilkada di Inhil. Periode 2013 lalu, ia maju menjadi calon wakil bupati berpasangan dengan Edy Syafwanur. Sayang, mereka kalah oleh pasangan HM Wardan-Rosman Malomo.

Untuk Pilbup Inhil 2018 mendatang, nama Agus Salim masih mencuat sebagai salah satu kandidat yang layak untuk diperhitungkan.

6. Said Syarifuddin (Sekdakab Inhil)

Menebar senyum merupakan ciri khas Said Syarifuddin. Sosok pria satu ini pun sudah tak asing di Kabupaten Inhil, bahkan di Provinsi Riau. Karena, dalam dunia pemerintahan ia pernah menjabat di berbagai instansi di pemerintah provinsi.

Meski menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Inhil, tapi diyakini kalau Said Syarifuddin memiliki basis pendukung yang lumayan besar. Walaupun ia tak pernah menyatakan keinginan untuk maju di Pilbup Inhil 2018, namun ketokohannya tetap jadi perhitungan. [*]

Dari beberapa sumber & bualbualcom

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk