Home
 
Terkait RKU, Anggota Komisi B DPRD Riau Minta RAPP Patuhi Regulasi Pemerintah

Selasa, 10/10/2017 - 17:32:41 WIB

PEKANBARU - Anggota Komisi B DPRD Riau, Sugianto mengimbau kepada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) agar mematuhi segala regulasi yang dibuat oleh pemerintah dalam menjalankan usaha.

Karena, peraturan yang dibuat oleh pemerintah adalah bertujuan baik bagi kemaslahatan masyarakat.

"Kami mengimbau perusahaan untuk taat aturan dengan menandatangani Rencana Kerja Usaha (RKU). Dimana dalam aturan baru, RKU harus mengikuti pedoman petunjuk menyediakan 20 persen tanaman kehidupan, 70 persen tanaman pokok dan 10 persen fasilitas umum," kata Sugianto kepada politikriau.com, Selasa (10/10/2017).

Kebijakan pemerintah ini dinilai sangat adil, karena dalam menjalankan usaha perusahaan bersinggungan langsung kepada kehidupan masyarakat setempat. Untuk itu, pemerintah berharap perusahaan lebih peka dengan kondisi lingkungan.

"Manfaat didapatkan selama ini juga harus dibarengi dengan kesejahteraan masyarakat. RKU merupakan syarat mutlak yang harus terpenuhi," ujar Sugianto lagi.

Sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sudah mencabut izin operasional PT RAPP.

Keputusan berbasis hukum ini diambil oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dalam bentuk sebuah surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal LHK Bambang Hendroyono pada 6 Oktober 2017 lalu.

Selama periode bulan tertentu, perusahaan dibawah APRIL Group telah menunjukkan keengganan yang terus-menerus untuk mematuhi peraturan gambut baru.

Setelah menerima sejumlah surat berisi peringatan dari Kemen LHK tentang ketidakpatuhannya terhadap peraturan gambut baru, PT RAPP milik APRIL tak kunjung memperbaiki rencana kerja 10 tahun yang sejalan dengan rencana kerja tahunan 2017, sesuai dengan peraturan gambut baru, seperti dikutip dari foresthints.news.

Artinya, rencana kerja yang ada dinyatakan tidak sah sebagai dasar hukum untuk kegiatan operasional di lapangan. (rul)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk