Home
 
Sultan Bolkiah Raja Melayu Terkaya dengan Istana yang Megah

Jumat, 06/10/2017 - 11:48:06 WIB

BANDAR SERI BEGAWAN - Pemimpin kerajaan Brunei Darussalam, Sultan Hassanal Bolkiah Muizzaddin Waddaulah menjadi raja terlama kedua yang memimpim sebuah negara. Kamis (5/10) kemarin, Sultan Bolkiah merayakan 50 tahun masa bertakhta.

Perayaan 50 tahun bertakhtanya Sultan Bolkiah digelar secara meriah dengan parade kereta kencana berlapis emas yang diarak di ibukota, Bandar Seri Begawan. Rakyat berduyun-duyun ke tempat tersebut untuk merayakan acara tersebut.

Bolkiah menjadi penguasa monarki terlama kedua di dunia. Dia memimpin Brunei Darussalam sejak 5 Oktober 1967. Dikutip dari Reuters, Jumat (6/10), posisi penguasa pertama monarki masih dipegang oleh Ratu Elizabeth II dari Inggris yang bertakhta sejak 2 Juni 1953.

Salah satu hal menarik dari Sultan Bolkiah adalah kehidupannya yang dipenuhi gelimang harta. Dikutip dari Times.com, Sultan Bolkiah menjadi raja terkaya kedua di dunia setelah Raja Bhumibol dari Thailand. Namun Bhumibol sudah meninggal dunia setahun lalu.

Sultan Hassanal Bolkiah merupakan sultan ke-29 Brunei. Sultan Hassanal Bolkiah merupakan seorang raja Melayu yang sekaligus menjabat sebagai perdana menteri dan panglima tertinggi angkatan bersenjata Brunei Darussalam. Dia disebut juga merupakan punya garis keturunan Nabi Muhammad SAW.

Sultan muslim terkaya di dunia ini tinggal di Istana Nurul Iman. Istana ini sangat luas, memiliki 1.788 ruangan, di antaranya 650 kamar mewah dan 257 kamar mandi.

Istana Nurul Iman juga memiliki ruang pertemuan yang bisa menampung hingga 5.000 tamu. Di sana juga terdapat masjid supermegah yang bisa memuat 1.500 jemaah.

Perabotan yang ada di dalam Istana terbuat dari emas dan bertabur berlian. Sebanyak 250 kamar mandi dilapisi dengan emas dan perak. Harga perabotan yang ada di Istana tak kurang dari 1,7 miliar dollar.

Sultan Hassanal Bolkiah dikabarkan memiliki lebih dari 5.000 mobil. Koleksi mobil Sultan Bolkiah termasuk 20 Lambhorgini, 160 Porsche, 130 Rolls Royce, 360 Ferrari, 170 Jaguar, 11 Aston Martin, 180 BMW, 360 Bentley, dan 530 Mercedes-Benz. Salah satu Rolls-Royce dikabarkan dilapisi oleh emas 24 karat.

Sultan Bolkiah juga memiliki Rolls-Royce yang dirancang khusus, dengan menggabungkan desain Rolls-Royce dan Porsche. Mobil ini digunakan Sultan khusus saat dirinya tengah berkunjung ke London atau seputar Inggris.

Tak hanya memiliki  mobil, Sultan Bolkiah juga memiliki pesawat jet Boeing 747 termewah di dunia. Pesawat ini didesain ulang dan dilapisi dengan emas.

Di Istana juga terdapat kandang yang dibuat khusus untuk menampung 200 ekor kuda poni kesayangan Sultan, juga lima kolam renang mewah berukuran jumbo. (krn)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk