Home
 
Destinasi Wisata Tri Top Rohul Dikunjungi 67.661 Wisatawan
Selama Lima Hari Lebaran, Destinasi Wisata Tri Top Rohul Dikunjungi 67.661 Wisatawan

Rabu, 12/06/2019 - 22:04:30 WIB

Tiga objek wisata terkenal di Rohul termasuk Madjid Agung Islami Center Rohul, ramai dikunjungi wisatawan selama lima hari raya Idul Fitri, termasuk wisata bendungan Sipogas dan Suligi Hill. Tiga objek wisata terkenal di Rohul termasuk Madjid Agung Islami Center Rohul, ramai dikunjungi wisatawan selama lima hari raya Idul Fitri, termasuk wisata bendungan Sipogas dan Suligi Hill.

Politikriau.com PASIR PANGARAIAN - Tiga andalan atau Tri Top destinasi wisata Rokan Hulu (Rohul) yang telah ditetapkan Dinas Pariwisata Provinsi Riau, selama lima hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah tercatat dikunjungi 67.661 wisatawan.

Itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Rohul, Drs.Yusmar M.Si, Rabu (12/6/2019), terkait jumlah kunjungan wisatawan ke tiga objek wisata terkenal di Rohul.

Yurmas mengatakan, Tri Top Destinasi Wisata di Rohul yang sudah ditetapkan Dinas Pariwisata Riau, yakni Masjid Agung Islamic center, Bendung Sipogas dan Suligi Hill Aliantan, dikunjungi 67.661 wisatawan selama lima hari lebaran mulai tanggal 5, 6,7, 8 dan 9 Juni 2019, dari jumlah total kunjungan tercatat 109.005 pengunjung.

Wisatawan yang mengunjungi Masjid Agung dan Menara 99 meter dikunjungi 49.156 wisatawan. jumlah itu hampir sama dengan jumlah pengunjung selama satu bulan Juni 2018 yang berjumlah 106.005 pengunjung.

Dari jumlah itu, 70 persen pengunjung berasal dari luar Kabupaten Rohul dan merupakan wisatawan Nusantara, dan paling banyak berasal dari Sumatera Utara dan Sumatera Barat, serta kabupaten/kota di Provinsi Riau di tambah dengan luar pulau sumatera seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

"Dimana Pesona Masjid Agung Islamic center dan Menara 99 meter saat ini masih menjadi primadona pengunjung, sehingga serambi dan halaman Masjid yang dihiasi Pohon Kurma dan Burung Merpati disesaki oleh masyarakat dengan berbagai aktifitas berupa kegiatan sholat, selfi dan berbagai aktifitas melihat keindahan Masjid yang terletak di jantung Kota Pasirpengaraian," jelas Yusmar.

Tambah Yurmar, sehingga karena padatnya pengunjung, sampai-sampai petugas kewalahan untuk mengatur kenderaan dan sampah. Sehingga jalan keluarnya Ketua Umum Badan Pengelola Majid Agung Islamic Center mengalihkan parkir ke jalan menuju kantor Bupati dan pedagang tidak diperbolehkan masuk ke areal Masjid Agung.

"Termasuk untuk naik ke menara 99 meter Islamic center, pengunjung harus menunggu antrian di tenda depan menara yang disiapkan panitia," kata Yurmar.

Malahan  para pengunjung rela antrian ber jam- jam untuk sampai ke ketinggian 80 m dari permukaan tanah tersebut. Selain itu di atas menara ada beberapa spot foto yang di gunakan oleh pengunjung sebagai dokumen dan tanda telah naik di Menara yang dapat di melihat pemandangan Kota Pasir Pangaraian dan Bukit Barisan.

Pesona selanjutnya yang menjadi tujuan wisatawan ke Rohul adalah Bendung Sipogas sekaligus Top ke 2 Rohul dengan pemandangan alam dan air yang menyejukkan mata, bahkan selama lima hari lebaran destinasi tersebur dikunjungi 17.812 pengunjung.

"Pada destinasi ini pengunjung di manjakan dengan pemandangan alam yang mempesona dengan latar belakang Bukit Barisan dan ber swafoto dengan beberapa spot yang ada, spot selfi pelangi, jembatan, sampan sampai menikmati keliling Bendungan dengan speed boot yang harganya terjangkau," ungkapnya lagi.

Sementara untuk Top yang ketiga, karena minat khusus, untuk lebaran tahun ini, selama lima hari di kunjungi sebanyak 693 pengunjung.

"Jika kita asumsikan 1 orang pengunjung berbelanja rata- rata Rp100.000, maka pengunjung membawa uang ke Kabupaten Rohul khusus di  Destinasi Tri Top Rohul selama 5 hari lebaran  tahun ini, sebesar Rp 6.794.500.000. Belum ditambah dengan peluang usaha pedagang kecil, rumah makan, tempat hiburan termasuk hotel dan restoran," kata Yurmar. (ADV/Pemkab Rokan Hulu)

Home
Redaksi & Disclaimer
jewelry lace wigs Copyright 2018