GEMPA bumi tektonik berkekuatan 3,1 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu sekitar pukul 17.48 WIB."> GEMPA bumi tektonik berkekuatan 3,1 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu sekitar pukul 17.48" />
Home
 
Gempa Tektonik Berkekuatan 3,1 Skala Richter Guncang Lumajang

Minggu, 24/09/2017 - 23:21:06 WIB

LUMAJANG - Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,1 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu sekitar pukul 17.48 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan 3,1 SR dengan lokasi pusat gempa berada di darat, 33 kilometer arah barat daya Kabupaten Lumajang pada koordinat 8.30 LS - 112.98 BT dengan kedalaman 3 kilometer," kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Wawan Hadi di Lumajang, Minggu (24/9/2017) malam.

Pihak BPBD Lumajang mendapat informasi dari BMKG menyebutkan penyebab gempa tersebut diperkirakan terjadi akibat aktivitas sesar lokal, apabila ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa.

Getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala I - II SIG (Skala Intensitas Gempa bumi) BMKG atau setara II - III MMI di Kecamatan Candipuro (Kabupaten Lumajang) dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi, serta pada skala itu digambarkan getaran lemah dan dirasakan oleh beberapa orang.

"Berdasarkan informasi dari Pusat Pengendali Operasi (Pusdalop) Lumajang, getaran gempa bumi dirasakan (I-II SIG BMKG / II-III MMI) di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang," tuturnya.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi itu hingga laporan yang disusun pada pukul 18.30 WIB belum tercatat adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Sehubungan dengan kejadian gempa bumi tersebut, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang menyesatkan dan BPBD juga akan selalu memantau informasi resmi yang disampaikan oleh BMKG," katanya.

Wawan menjelaskan getaran gempa tersebut hanya dirasakan sebagian warga di Kecamatan Candipuro, namun belum ada laporan terjadi kerusakan akibat gempa bumi tektonik berkekuatan 3,1 SR tersebut. (nnc)

Home
Redaksi & Disclaimer
Copyright 2012-2017
replica handbags replica watches uk